Januari 29, 2011

CHIFFON KETAN HITAM


Kemarin malam nekat hujan2 ngajakin papong ke TBK buat beli tepung ketan hitam. Habisnya penasaran banget pengen nyobain Chiffon ketan hitam. Sampai di TBK syukur masih buka maklum dari rumah berangkat dah jam 8,  tapi belum puas liat2 di lantai 2 lampu dah mulai dimatikan. Oh tidakkk...... langsung turun ambil tepung ketan hitam dan ini dan itu. Hati rasanya gak enak ya... kayaknya ada yang kelupaan deh, ya udah lah langsung menuju kasir sebelum diusir... karena pintu dah mulai ditutup.
Perjalanan pulang baru ingat ternyata bener deh ada yang kelupaan "RAP instan". Padahal pas mau berangkat dari rumah dah ingat2 jangan sampai kelupaan tapi tetep aja..... Maap ya papong terpaksa Tropikal Cake requestmu belum bisa aku penuhi janji deh besok2 kalo ke TBK lagi aku beliin RAP instannya.

CHIFFON KETAN HITAM

Bahan A:
160 gr kuning telur
75 gr gula kastor
1 sdt vanilli

Bahan B:
240 gr putih telur
125 gr gula kastor
1 sdt garam

Bahan C:
50 gr tepung terigu protein sedang
100 gr tepung ketan hitam
1 sdt Baking Powder Double Acting

Bahan D:
150 ml santan kental instant
3 sdm minyak sayur 
Setelah Cake keluar dari oven langsung dibalik seperti ini
     
Cara membuatnya:
  1. Kocok bahan A hingga kental, sisihkan. Dengan mixer bersih lain, kocok bahan B hingga kaku (Tapi jangan sampai kering, cukup sampai mengkilap dan soft peak aja).
  2. Tuang adonan B kedalam adonan A secara bertahap sambil diaduk hingga rata.
  3. Ayak Bahan C, tuang kedalam adonan pertama, aduk rata. Tuangi bahan D, aduk balik hingga rata.
  4. Tuang adonan kedalam loyang Chiffon yang telah dialas kertas, oven dengan suhu 200’C selama 20 menit, lanjutkan dengan suhu 150’C selama 30 menit lagi hingga matang.
  5. Angkat, balik loyang diatas alas kue, biarkan dingin. Lepaskan dari loyang, potong-potong.





Tidak ada komentar: